Beredar Dokumen Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia, Cek Faktanya

Beredar Dokumen Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia, Cek Faktanya - Gambar Viral
Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia – Gambar Viral

Di media sosial dan grup WhatsApp beredar sebuah foto bertuliskan ‘Certificat du Vaccin’ yang disertai dengan penjelasan bahwa itu adalah sertifikat vaksin tertua yang dikeluarkan oleh pemerintah Turki Usmani.

Kemudian, ada juga unggahan foto-foto dan penjelasan yang menuliskan terkait vaksin pertama di dunia dibuat pada masa pemerintahan Turki Usmani, dengan mengutip surat yang ditulis pada tahun 1717 oleh Lady Mary Montagu, istri Duta Besar Inggris di Istanbul.

Terkait informasi-informasi tersebut perlu dicek kebenarannya, agar tidak menyesatkan masyarakat.

Pertama informasi yang perlu dicek faktanya yaitu dokumen foto sertifikat vaksin tertua yang disebut dikeluarkan oleh pemerintahan Turki Usmani (Utsmaniyyah) sekitar tahun 1326, yang disertai keterangan sertifikat vaksin itu adalah milik anak laki-laki berusia 10 tahun.

Dalam dokumen yang disebar itu, dijelaskan juga bahwa pada tahun 1721, istri Duta Besar Inggris di Istambul menulis surat untuk negaranya, menjelaskan dengan takjub bagaimana Utsmaniyyah menangani wabah Cacar, salah satu epidemi yang paling mengerikan dalam sejarah manusia, yang juga dikatakan sebagai salah satu penyebab utama kematian massal pada abad ke-18.

Dikatakan, penyakit demam, parah dan menular yang meninggalkan parut-parut pada wajah, penuh benjolan dan nanah, penyakit itu menewaskan tiga dari 10 orang yang terinfeksi dan menyebabkan problem kesehatan yang parah serta kerusakan kulit yang tidak dapat diperbaiki.

Disebutkan juga pada abad ke-20, penyakit cacar diperkirakan telah membunuh 300 juta orang dan 500 juta orang dalam 100 tahun terakhir. Keberadaan virus itu dikatakan telah diberantas pada tahun 1979.

Kedua, fakta mengenai klaim vaksin pertama di dunia yang disebut dibuat pada masa pemerintahan Turki Usmani, yang juga mengutip surat yang ditulis oleh Lady Mary Montagu, istri Duta Besar Inggris di Istanbul pada tahun 1717.

READ >>   PeduliLindungi Sertifikat Vaksin 1

Untuk informasi yang beredar mengenai vaksin pertama kali di dunia yang dibuat di bawah kekhalifahan Ottoman pada tahun 1717 tersebut, Kementerian Kominfo menetapkan informasi tersebut tidak benar dan klaim itu menyesatkan.

Beredar Dokumen Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia, Cek Faktanya - Gambar Viral
Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia – Gambar Viral

“Menurut berbagai rekaman sejarah, vaksin pertama diperkenalkan pada tahun 1796 oleh seorang dokter Inggris bernama Edward Jenner. Prosedur medis sebelum itu dikenal dengan ‘variolasi’ atau ‘inokulasi’,” tulis kominfo.go.id pada rilis informasi kategori hoaks-disinformasi.

Cek penjelasan lengkapnya di sini.

Namun terkait dokumen foto bertuliskan ‘Certificat du Vaccin’ yang disebut sebagai sertifikat vaksin tertua, tidak ada dalam penjelasan cek fakta informasi dalam situs Kominfo tersebut.

Sementara di publik dokumen foto tersebut banyak beredar, disertai penjelasan bahwa itu adalah Sertifikat Vaksin tertua di dunia, tahun 1721 Masehi, dikeluarkan oleh Khalifah Islamiyah Turki Ustmani.

Disebutkan juga keterangan bahwa vaksin itu bagian dari peradaban Islam yang maju.

8 thoughts on “Beredar Dokumen Sertifikat Vaksin Diklaim Tertua di Dunia, Cek Faktanya”

  1. This design is spectacular! You obviously know how to
    keep a reader entertained. Between your wit and your videos,
    I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!)
    Great job. I really loved what you had to say, and more than that, how you
    presented it. Too cool!

    Reply

Leave a Comment